Tape Bakar Produk Unggulan Desa Selolembu

Tape bakar adalah salah satu produk unggulan yang terdapat di kabupaten Bondowoso. Tape bakar merupakan suatu produk olahan tape yang dikemas dan dibentuk menjadi olahan tape yang baru sehingga tape tidak hanya seperti itu itu saja. TerdapDSC_0233at sebuah rumah produksi tape bakar tepatnya di RT 2 desa Selolembu, namun tape bakar yang satu ini di produksi lain dari pada yang lain sehingga tape bakar ini nantinya akan dijadikan produk unggulan desa Selolembu. Tape bakar ini menjadi produk pilihan untuk diunggulkan karena selain makanan yang terbuat dari tape dimana merupakan makanan ciri khas kota Bondowoso, di desa Selolembu sendiri  juga terdapat 3 tempat  produksi tape bakar.

Produk unggulan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di lingkungan masyarakat desa Selolembu dan untuk menunjang hal tersebut maka mahasiswa KKN Universitas Jember membuat suatu ide kreatif yang terinovasi dari usaha mikro kecil menengah yaitu usaha tape bakar yang ada di Selolembu. Usaha tape bakar ini salah satunya dirintis oleh pak yon dari tahun 2012 dengan kapasitas produksi yang dapat terbilang masih mikro dengan memanfaatkan kalangan keluarga saja sebagai karyawan pembuat tape bakar. Dipilihnya produk olahan tape bakar ini diharapkan agar terciptanya suatu produk unggulan desa yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat di desa Selolembu, yaitu karena tape merupakan makan khas di kabupaen Bondowoso, tetapi yang membedakan tape bakar Pak Yon (Tape bakar barokah) adalah cara pembuatan, proses pembakaran serta bentuk produk yang berbeda dari yang lain.

Disisi lain dengan didukungnya kualitas rasa yang dapat bersaing dipasaran, produk tape buatan pak yon memiliki sejumlah kekurangan yaitu dari sektor penjualan yang belum dapat dijual keluar kota. Sehingga produksi hanya terbatas dan kurang maksimal. Sebagai terobosan dari segi penjualan dan branding produk tape bakar agar dikenal oleh masyarakat luas maupun dari sektor konsumennya dapat diminati oleh kalangan atas, maka perlu adanya suatu terobosan modifikasi dari bentuk kemasan dan lebel produk ini.

Berdasarkan permasalahan tersebut mahasiswa KKN mencoba memodifikasi kemasan tape bakar yang awalnya sama dengan yang lainnya, namun kami mencoba mendesain ulang kemasan produk sehingga nantinya akan membuat produk tersebut lebih menarik dan layak untuk dijual keluar kota. Selain merombak kemasan produk, kami juga mencoba melakukan pemasaran tidak hanya sebatas di dalam kota saja, namun kita mencoba memasarkan produk tersebut di media social, sehingga masyarakat luar kota maupun luar negeri yang berminat terhadap produk tersebut bisa memesan via online. Terobosan ini diharapkan mampu membantu meningkatkan jumlah kuantitas produksi sehingga para produsen mampu mengembangkan usahanya, namun tidak lupa pula produsen tidak boleh melupakan kualitas dari tape bakar itu sendiri sehingga pemasaran yang telah memadai didukung oleh kualitas produk yang tidak mengecewakan konsumen.

Produk tape bakar selolembu ini diharapkan selain dikenal di Bondowoso juga dikenal di daerah-daerah kota lainnya. Apabila tape dikenal dengan makanan khas kota Bondowoso maka tape bakar diharapkan menjadi makanan yang dikenal banyak diproduksi di selolembu dan menjadi tape bakar terbaik yang terdapat di kota Bondowoso. Jadi apabila orang membahas tape bakar maka orang akan mengingat tape bakar Selolembu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *