PELATIHAN SAID DAN VALIDASI DATA

SAID atau Sistem Administrasi dan Informasi Desa merupakan suatu aplikasi yang didedikasikan untuk pemDSC_0106uktahiran data serta mempermudah perangkat desa dalam melakukan pengolahan sistem administrasi desa yang meliputi pelayanan surat  desa ( Surat pengantar) serta pelayanan  informasi berdasarkan nama dan alamat bagi penduduk penerima bantuan/penduduk miskin serta mempermudah sistem informasi desa yang meliputi berita dan informasi desa/kelurahan  yang terbaru, informasi dan data kependudukan di desa/kelurahan, serta informasi dan data Kemiskinan. Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi SAID ini juga sudah dapat dirasakan oleh masyarakat desa Selolembu melalui pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Jember.

Pelatihan SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa) yang dilakukan di Desa Selolembu didampingi langsung oleh mahasiswa KKN Universitas Jember selaku fasilitator. Lokasi pelatihan langsung dilakukan di balai desa dengan peserta beberapa perangkat desa. Pelatihan yang dilakukan pada hari itu (7/8) tak hanya terbatas pada pelatihan SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa) saja, mahasiswa KKN Universitas Jember juga memberikan sekilas penjelasan perihal cara memvalidasi data yang ada pada SAID.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelayanan pemerintah desa dapat berjalan dengan maksimal sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelyanan yang diberikan pemerintah desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *