Produk Arang dan Kayu Meraup Untung Ratusan Juta

DSC_0838Pak Abdul Aziz pemilik UD. Rengganis ini adalah salah satu pengusaha Selolembu yang memiliki usaha dibidang kayu dan arang. Diusia yang ke 51 tahun telah memiliki 8 pegawai  tetap.. Meskipun usaha ini sudah berjalan sejak 3 tahun lalu, namun Pak Aziz bisa membaca peluang serta strategi hingga bisa membuat usahanya berkembang dan bekerjasama dengan perusahaan hingga pemasarannya ekspor keluar negeri.

Kayu yang dihasilkan oleh UD. Rengganis memiliki kualitas yang bagus. Kayu yang disebut sono keling ini memiliki warna yang menarik, tidak heran apabila kayu ini diekspor ke Korea, Cina dan Negara Asia lainnya. Bahan baku kayu ini diperoleh dari daerah-daerah disekitar Bondowoso, seperti; Lumajang, Jember, Situbondo dan Probolinggo. Sedangkan alat yang digunakan antara lain gergaji, menso dan senso.DSC_0831

Selain membuat kayu yang dijadikan lantai UD. Rengganis juga memproduksi arang. Proses pembuatan arang ini memakan waktu selama 6 hari yang menghaslkan 6 ton arang. Proses pembakara menggunakan 3 tomang, 1 tomang bisa menghasilkan 1 ton 3 kw. Arang yang telah dibakar dan dipilah akan di kirim kemitra UD. Rengganis yang kemudian akan di ekspor ke Dubai, Saudi Arabia dan negara-negara timur tengah lainnya. Menurut pak Aziz arang yang di ekspor akan digunakan salah satunya sebagai pemanas ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *