Menggali Potensi Home Industri Kerupuk Desa Selolembu

DSC_0245

UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut dengan Home Industri atau industri rumahan. Industri rumahan merupakan suatu usaha yang didirikan oleh seseorang dengan modal yang kecil dan area pemasarannya juga belum meluas, pastinya hanya daerah sekitarnya saja. Selolembu merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Curahdami kabupaten Bondowoso. Selolembu merupakan sebuah desa dengan macam potensi yang perlu mendapat sentuhan tangan-tangan kreatif agar produksi mereka tidak hanya terbatas pada produksi yang selama ini mereka lakukan.

Bapak Sukron merupakan salah satu perintis usaha home industri yang berusia 25 tahun. Beliau tinggal disalah satu dusun Rt 6 di desa Selolembu. Beliau memiliki ide kreatif untuk membuka usaha rumahan khususnya produksi kerupuk bawang yang bernama Tunggal Jaya. Seperti yang kita ketahui bahwa usaha rumahan dalam proses distribusi dan pemasaran pastinya belum dapat meluas. Persaingan  ekonomi yang dihadapi oleh Bapak Sukron sangat ketat. Namun, berbagai inovasi dan kualitas produk selalu diutamakan agar konsumen tidak kecewa.

DSC_0242

Usaha ini dimulai dengan memberikan tester kepada para penjual di pasar agar mereka bisa merasakan kualitas dari kerupuk yang di produksi oleh Bapak Sukron. Usaha ini dirintis kurang lebih sejak 5 bulan yang lalu, perkembangan industri rumahan ini termasuk sangat pesat, karena hanya dalam kurun waktu 5 bulan, industri ini mampu memiliki 8 pekerja dan perhari dapat memproduksi 50 kg. Selain itu Bapak Sukron telah memiliki tempat yang tetap untuk mendistribusikan produknya. Harga jual produk ini sesuai dengan isi setiap kemasan, untuk kemasan yang berisi 2,5 kg dibandrol dengan harga Rp. 35.000. Di sisi lain terdapat kendala yang dihadapi oleh Bapak Sukron, yaitu bahan  baku harus didatangkan dari daerah lain sehingga menambah biaya produksi, dan distribusi produk hanya terbatas di daerah Bondowoso dan Situbondo saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *