Desa Selolembu Menuju Transparansi

P_20170714_100442_vHDR_AutoDalam rangka membentuk  kepercayaan masyarakat terhadap terealisasinya sarana dan prasarana yang diberikan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang dikelola oleh Pemerintah Desa maka pemerintah membuat kebijakan setiap desa harus menstransparsikan tentang APBDes khususnya di Desa Selolembu, Kecamatan Curahdami.

Anggaran  Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) merupakan sebuah anggaran keuangan yang akan dibelanjakan pada setiap tahunnya yang disetujui dengan dewan perwakilan rakyat. Setiap pembelanjaan anggaran harus sesuai dengan APBDes yang telah disusun oleh pemerintah desa agar pemanfaatannya akan dirasakan oleh masyarakat desa selolembu.

Agar program transparasi APBDes dapat berjalan maka perangkat desa dibantu oleh Mahasiswa KKN Universitas Jember untuk pembuatan banner tentang Pendapatan dan Pembelanjaan Desa sekaligus pemasangan banner di pinggir jalan antar Kota Bondowoso – Situbondo agar masyarakat dapat melihat banner yang telah dipublikasikan oleh Pemerintah  Desa.

Ada beberapa point yang harus ditampilkan pada banner APBDes yaitu pembelanjaam dan pendapatan meliputi PADes, DD, ADD, BanProv dan Bankab yang ditampilkan  dengan  kurva grafik. Sementara isi konteks kegiatan meliputi Pembinaan Kemasyarakatan, pemberdayaan Masyarakat, Pelaksanaan Pembangunan  dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

 

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *